ASEAN: Organisasi Regional Negara-negara Asia Tenggara

ASEAN adalah organisasi regional negara-negara Asia Tenggara. Kata ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations. Organisasi yang sukses ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Itu dianggap sebagai organisasi geopolitik dan ekonomi di bagian Tenggara Asia. Ia telah memulai kegiatannya dengan lima anggota yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina dan Thailand. Beberapa tahun kemudian Brunei, Burma (Myanmar), Kamboja, Laos, dan Vietnam juga bergabung dalam organisasi ini.

Pada tanggal 8 Agustus 1967 – di aula utama gedung Urusan Luar Negeri Bangkok, para Menteri Luar Negeri Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Indonesia – duduk bersama dan menandatangani sebuah dokumen bernama Bangkok Declaration atau ASEAN Declaration. Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) lahir berdasarkan deklarasi tersebut. Lima Menteri Luar Negeri yang menandatangani dokumen itu dielu-elukan sebagai pendiri organisasi antar pemerintah yang sukses besar di dunia berkembang ini.

Alasan di balik pendirian organisasi:

ASEAN telah dibentuk untuk membangun saling pengertian di antara anggota komunitas ini. Selain itu, tujuan mereka adalah membentuk masyarakat ekonomi yang kuat. Alasan utama mendirikan organisasi ini dapat dihitung dengan 7 prinsip tertentu.

1) Mempercepat kemajuan sosial, budaya dan ekonomi melalui usaha bersama sebagai implementasi MEA di indonesia.

2) Untuk bekerja sama sebagai Perserikatan Bangsa-Bangsa dan untuk mendorong perdamaian dan keteguhan regional.

3) Terciptanya gotong royong di bidang sosial, budaya, ekonomi dan teknis.

4) Memberikan bantuan melalui fasilitas penelitian dan pelatihan satu sama lain di bidang pendidikan, teknis dan administrasi.

5) Untuk bekerja sama secara efektif untuk memanfaatkan pertanian dan industri melalui perluasan perdagangan dan transportasi antar negara.

6) Untuk membantu studi Asia Tenggara.

7) Untuk mempertahankan maksud dan tujuan unik dalam organisasi internasional yang ada, dan untuk mengeksplorasi kerjasama yang lebih erat antar negara.

Tujuan utama organisasi:

Tujuan utama organisasi ini adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pertumbuhan budaya di daerah melalui upaya bersama dalam semangat kesetaraan dan kemitraan. ASEAN ingin memperkuat fondasi masyarakat Asia Tenggara yang sejahtera dan damai. Organisasi ini bekerja dengan saling membantu dalam meningkatkan pendidikan dan pembangunan manusia di antara negara-negara. Alasan penting lainnya adalah mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional. ASEAN bekerja untuk mempromosikan semua anggotanya seperti komunitas unik yang bekerja bersama untuk kemajuan sosial, ekonomi, dan budaya mereka yang lebih baik. Selain itu, organisasi berusaha mengelola dana bersama untuk pembangunan di semua sektor suatu negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *